Tupoksi

I. CAMAT
a. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat.
Tahapan :
1) Penyusunan perencanaan dan sinkronisasai data kegiatan pemberdayaan dengan SKPD/Instansi/Dinas terkait.
2) Mensosialisasikan rencana kegiatan pemberdayaan ke tingkat desa.
3) Pelaksanaan pembinaan pemberdayaan masyarakat di pedesaan
4) Melaporkan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pemberdayaan.
b. Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum
Tahapan :
1) Penyusunan data kamtibmas di wilayah kecamatan
2) Mengadakan koordinasi bersama Muspika
3) Menyusunan rencana kegiatan pembinaan ketenteraman dan ketertiban
4) Pelaksanaan pembinaan kamtibmas bersama Muspika dan melaporkan kepada Bupati secara rutin.

c. Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan
Tahapan :
1) Menginventarisir permasalahan dan pelanggaran Peraturan Daerah di wilayah kecamatan.
2) Menyusun rencana kegiatan sosialisasi dan pembinaan sadar hokum.
3) Melaksanakan kegiatan pembinaan sadar hukum
d. Pengkoordinasian prasarana dan fasilitas umum
Tahapan :
1) Melakukan inventarisasi prasarana dan fasilitas umum yang berada di wilayah kecamatan;
2) Penyusunan kebutuhan dan penataan sarana dan fasilitas umum yang menjadi kebutuhan warga di wilayah kecamatan;
3) Mengkoordinasikan dan mengusulkan kebutuhan sarana/fasilitas umum kepada SKPD terkait.
e. Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di kecamatan :
Tahapan :
1) Penyusunan Renja kecamatan;
2) Menyusun dan Mengkoordinasikan rencana kegiatan anggaran kecamatan ke SKPD terkait ;
3) Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di kecamatan;
f. Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa
Tahapan :
1) Penyusunan rencana program pembinaan ke desa
2) Inventarisasi hal actual yang dihadapi pemerintahan di desa;
3) Penjadwalan dan pelaksanaan kegiatan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan di desa.
4) Membuat laporan kepada Bupati tentang kegiatan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan di desa.
g. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugas dan fungsi
Tahapan :
1) Menyusun rencana kebutuhan sara na pelayanan yang masih kurang memadahi.
2) Melaksanakan penataan sarana pelayanan.
3) Memberikan pelayanan bagi masyarakat, baik pelayanan administrative, Perizinan dan Non Perizinan serta pelayanan secara umum kepada masyarakat.

II. SEKRETARIS KECAMATAN
a. Penyusunan Program kerja dan Laporan Kecamatan
Tahapan :
1) Pengumpulan data dan menyiapkan rencana kerja kecamatan;
2) Mensinkronisasi data rencana kerja dengan rencana operasional
3) Penyusunan konsep rencana kegiatan
4) Mengajukan konsep kepada pimpinan untuk mendapatkan pengarahan dan pengesahan.
b. Pengelolaan administrasi keuangan
Tahapan :
1) Penyusunan rencana anggaran belanja kecamatan;
2) Pelaksanaan kegiatan perbendaharaan ( pembukuan, verifikasi, rekapitulasi dan dokumentasi, pelaksanaan belanja kecamatan;
3) Penyusunan laporan perhitungan dan pertanggungjawaban keuangan

c. Pembinaan administrasi dalam ketatausahaan, kepegawaian, perlengkapan, kerumahtanggaan dan perjalanan dinas.
Tahapan :
1) Menyiapkan dan menyediakan tata laksana umum ketatausahaan Sekretariat kecamatan;
2) Penanganan dan pengelolaan serta pendistribusian surat-surat sesuai disposisi pimpinan;
3) Penyusunan mekanisme kepegawaian dan pelaporannya;
4) Inventarisasi asset/barang yang menjadi lingkup pengelolaan kecamatan;
5) Mempersiapkan dan menyediakan dokumen/ administrasi untuk perjalanan dinas.
d. Pelayanan administratif
Tahapan :
1) Menyiapkan dan menyediakan tata laksana ketatausahaan kantor;
2) Memberkan pelayanan surat-menyurat kepada semua satuan unsur/seksi pelaksana di kantor/organisasi;
3) Penanganan dan pengelolaan kearsipan surat-surat;
e. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan/Camat sesuai tugas dan fungsi :
Tahapan :
1) Membaca dan mempelajari disposisi dan materi surat-surat;
2) Melaksanakan tugas/instruksi sesuai disposisi/petunjuk pimpinan;;
3) Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan;

II. 1. KASUBBAG PERENCANAAN DAN KEUANGAN
a) Perencanaan kegiatan dan pengendalian program kerja.
Tahapan :
1) Mempelajari rencana kegiatan tahun lalu dan rencana kerja Kecamatan untuk tahun ke depan.
2) Mensinkronisasi rencana operasional bagian perencanaan dan keuangan
3) Menyusun konsep rencana kegiatan
4) Mengkonsultasikan konsep rencana kegiatan dengan pimpinan untuk mendapatkan pengarahan
5) Pengendalian program kegiatan kecamatan
b) Penyusunan dan mengkoordinasikan penyusunan Rencana Strategis,
Penetapana Kinerja dan RKA.
Tahapan :
1) Mempersiapkan bahan dan data dari masing-masing seksi dan pelaksana kegiatan.
2) Menginventarisir dan menganalisa data yang telah diterima dari seksi dan pelaksana kegiatan di Kecamatan.
3) Melaksanakan pengetikan dan pengeditan data serta penyusunan naskah laporan yang telah jadi;
4) Mengkonsultasikan naskah laporan kepada atasan untuk mendapatkan arahan dan pengesahan.

c) Perencanaan Keuangan dan penyusunan anggaran belanja kecamatan.
Tahapan :
1) Menginventarisir kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu tahun kedepan yang dituangkan dalam rencana anggaran belanja;
2) Pengetikan ke dalam program keuangan untuk berikutnya di konsultasikan pada pimpinan.
3) Mengkoordinasikan dokumen rencana keuangan kepada instansi terkait dan dimohonkan pengesahan;
d) Pelaksanaan kegiatan perbendaharaan (Pembukuan, Verifikasi, rekapitulasi dan dokumentasi pelaksanaan belanja kecamatan) ;
Tahapan :
1) Penyusunan rencana kegiatan anggaran yang dituangkan dalam SPP/SPM;
2) SPP/SPM yang telah jadi diajukan ke instansi terkait/DPPKAD ;
3) Dari hasil pengajuan SPP/SPM akan dilakukan penelitian dari instansi terkait/DPPKAD yang selanjutnya diterbitkan SP2D untuk pengajuan pencairan;
4) Pendokumentasian pelaksanaan belanja kecamatan dan pembukuan pertanggungjawaban.
e) Penyusunan laporan perhitungan dan pertanggungjawaban keuangan :
1) Penyiapan bahan laporan dan rekapitulasi;
2) Melakukan perhitungan dan sinkronisasi data pelaksanaan kegiatan yang telah terlaksana;
3) Penyusunan naskah laporan pertanggungjawaban keuangan;
4) Mengkonsultasikan kepada pimpinan untuk mendapatkan pengarahan dan pengesahan.
5) Melaporkan hasil perhitungan dan pertanggungjawaban keuangan kepada Bupati.
f) Pelaksanaan dan pengkoordinasian pengelolaan administrasi keuangan dan akuntansi kecamatan.
Tahapan :
1) Pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan dan akuntansi kecamatan;
2) Mengkoordinasikan pengelolaan administrasi keuangan dan akuntansi dengan instansi terkait;
3) Pendokumentasian administrasi pengelolaan keuangan.

II. 2. KASUBBAG UMUM DAN KEPEGAWAIAN
a. Menyusun rencana kegiatan Kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
Tahapan :
1) Mempelajari rencana kegiatan tahun lalu dan rencana kerja Kecamatan untuk tahun ke depan.
2) Mensinkronisasi dengan rencana operasional bagian perencanaan dan keuangan
3) Menyusun konsep rencana kegiatan
4) Mengkonsultasikan konsep rencana kegiatan dengan pimpinan untuk mendapatkan pengarahan
b. Penyusunan naskah laporan kinerja Kecamatan.
Tahapan :
1) Mempersiapkan bahan dan data dari masing-masing seksi dan pelaksana kegiatan.
2) Menginventarisir dan menganalisa data yang telah diterima dari seksi dan pelaksana kegiatan di Kecamatan.
3) Melaksanakan pengetikan dan pengeditan data serta penyusunan naskah laporan yang telah jadi;
4) Mengkonsultasikan naskah laporan kepada atasan untuk mendapatkan arahan dan pengesahan.

c. Pelaksanaan kegiatan kerumahtanggaan dan perjalanan dinas.
Tahapan :
1) Menginventarisir kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu tahun kedepan;
2) Mempersiapkan jadwal kebutuhan dan kegiatan kerumahtanggaan.
3) Menyediakan dokumen/surat perjalanan dinas bagi karyawan di Kantor Kecamatan Mayong;
4) Memberikan pelayanan administrasi untuk keperluan perjalanan dinas.

d. Pelaksanaan ketatalaksanaan umum yang meliputi administrasi umum, surat-menyurat, dan kearsipan ;
Tahapan :
1) Menyiapkan dan menyediakan tata laksana umum ketatausahaan Sekretariat Kecamatan;
2) Pengelolaan surat-menyurat dengan penanganan surat masuk dan surat keluar dari awal sampai tindak lanjut serta pendistribuasian;
3) Pengelolaan kearsipan surat- surat.
e. Pelaksanaan pelayanan administrasi kepegawaian :
Tahapan :
1) Mengumpulkan dan mempelajari aturan-aturan dan juknis yang berkaitan dengan kepegawaian;
2) Menyiapkan dan mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan seluuh aspek kepegawaian;
3) Menyusun Mekanisme dan system kepegawaian yang telah ditetapkan sesuai dengan aturan dan juknis dari Badan Kepegawaian;
4) Menyusun jadwal penjagaan yang berkaitan dengan seluruh pelayanan kepegawaian;
5) Membuat Laporan mengenai Daftar Urut Kepangkatan dan mekanisme kepegawaian secara rutin sesuai kebutuhan dan jadwal yang ditentukan.
f. Pelaksanaan pengelolaan barang inventaris kantor.
Tahapan :
1) Menginventarisir semua jenis barang yang menjadi lingkup pengelolaan Kantor Kecamatan Mayong;
2) Membuat laporan secara rutin dan berkala mengenai mutasi keluar/masuk barang yang terjadi di Kantor Kecamatan Mayong;
3) Menyusun neraca asset sebagai bahan laporan kinerja akhir tahun.
4) Menyampaikan data asset sebagai bahan perencanaan pada pimpinan
g. Pebgkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang umum dan kepegawaian.
Tahapan :
1) Mengumpulkan dan menyiapkan data yang berkaitan dengan rencana kegiatan dibidang umum.
2) Mengkonsep bahan rencana kegiatan umum kecamatan.
3) Penyiapan data tentang rencana yang mencakup seluruh kegiatan pelayanan bidang kepegawaian.
4) Menyusun journal kegiatan bidang kepegawaian.
5) Pelaksanaan kegiatan pelayanan kepegawaian sesuai dengan jadwal waktu yang ditentukan.

III. KASI TATA PEMERINTAHAN
a. Penyusunan program dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum dan desa;
Tahapan :
1) Mengumpukan dan menyiapkan rencana kerja kecamatan dan aturan tentang penyelenggaraan pemerintahan umum dan pemerintahan desa.
2) Menginventarisir permasalahan yang muncul terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan umum dan pemerintahan desa.
3) Menyusun konsep rencana program kegiatan pembinaan tentang penyelenggaraan pemerintahan.
4) Mengajukan konsep rencana program kepada pimpinan;
5) Memfinalisasai rencana program pembinaan pemerintahan
6) Pelaksanaan program kegiatan dan evaluasi.
b. Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintahan desa;
Tahapan :
1) Penyusunan rencana program pembinaan administrasi pemerintahan desa.
2) Mengajukan konsep rencana program pembinaan administrasi pemerintahan desa kepada pimpinan untuk mendapatkan arahan dan revisi.
3) Melaksanakan finalisasi rencana program yang telah mendapatkan revisi / pembetulan dari pimpinan.
4) Pelaksanaan program pembinaan dan evaluasi penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa.

c. Pemberian bimbingan, supervisi, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa;
Tahapan :
1) Penyusunan rencana program dan jadwal bimbingan, supervisi, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa;
2) Mengajukan konsep rencana program dan jadwal bimbingan administrasi desa kepada pimpinan;
3) Melaksanakan finalisasi rencana program bimbingan, supervise, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa.
4) Pelaksanaan dan evaluasi program pemberian bimbingan, supervise, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa.

d. Pembinaan dan pengawasan terhadap Kepala desa dan Perangkat desa;
Tahapan :
1) Penyusunan rencana jadwal dan kegiatan pembinaan Kepala desa dan Perangkat desa;
2) Pengajuan konsep dan jadwal kegiatan pembinaan Kepala Desa dan Perangkat desa pada pimpinan untuk mendapatkan persetujuan dan pengesahan.
3) Pelaksanaan Pembinaan terhadap Petinggi dan Perangkat desa.
e. Evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa di tingkat kecamatan dan melaporkan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa di tingkat kecamatan kepada Bupati :
Tahapan :
1) Menyusun edaran tentang pemberitahuan persiapan pembuatan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan desa kepada semua Petinggi.
2) Menerima dan mengevaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan desa dari Petinggi.
3) Menyusun laporan pembinaan dan pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan desa di tingkat kecamatan dan diajukan kepada pimpinan.
4) Melakukan finalisasi laporan pembinaan dan pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan desa di tingkat desa.
5) Menyampaikan Laporan tentang Penyelenggaraan Pemerintahan desa kepada Bupati.
f. Penyusunan program dan pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil.
Tahapan :
1) Menyusunan konsep jadwal kegiatan pembinaan adminsitrasi kependudukan dan catatan sipil;
2) Membuat dan menyampaikan surat edaran kepada desa-desa lokasi pembinaan administrasi dan catatn sipil;
3) Pelaksanaan pembinaan administrasi dan catatan sipil bersama dinas terkait ke desa-desa sesuai jadwal yang telah tetapkan.
g. Penyusunan program dan pembinaan kegiatan sospol, ideology negara dan kesbang;
Tahapan :
1) Pendataan dan inventarisasi parpol yang ada di wilayah kecamatan;
2) Menyusun rencana kegiatan pembinaan kegiatan Sospol, ideology Negara dan Kesatuan bangsa;
3) Menyampaikan rencana kegiatan kepada pimpinan untuk mendapatkan arahan dan persetujuan;
4) Pelaksanaan program dan evaluasi kegiatan pembinaan Sospol, ideologi Negara dan kesbang.

IV. KASI SOSIAL DAN LINGKUNGAN HIDUP
a. Penyusunan program pembinaan pelayanan dan bantuan sosial, pembinaan kepemudaan, peranan wanita dan olah raga;
Tahapan :
1) Mengumpukan dan menyiapkan rencana kerja kecamatan dan aturan tentang pelayanan dan bantuan sosial, kepemudaan, peranan wanita dan olah raga;
2) Menginventarisir permasalahan yang muncul terkait dengan permasalahan social, kepemudaan, peranan wanita dan olah raga.
3) Menyusun konsep rencana program dan jadwal kegiatan pembinaan pelayanan dan bantuan social, kepemudaan, peranan wanita dan olah raga;
4) Mengajukan konsep rencana program kegiatan kepada pimpinan.
5) Memfinalisasai rencana program pembinaan social;
6) Pelaksanaan program kegiatan dan evaluasi.
b. Penyusunan program dan pembinaan kehidupan beragama, pendidikan, kebudayaan, dan kesehatan masyarakat.
Tahapan :
1) Mengumpulkan dan menginventarisir data tentang pembinaan kehidupan beragama, pendidikan, kebudayaan, dan kesehatan masyarakat;
2) Penyusunan rencana program dan jadwal penyelenggaraan pembinaan kehidupan beragama, pendidikan, kebudayaan, dan kesehatan masyarakat;
3) Melaksanakan finalisasi rencana program bidang sosial dan mengajukan kepada pimpinan untuk mendapatkan persetujuan pimpinan;
4) Pelaksanaan program pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan pembinaan tentang kehidupan beragama, pendidikan, kebudayaan dan kesehatan masyarakat;

c. Penyusunan program dan pembinaan Lingkungan hidup.
Tahapan :
1) Mengumpulkan dan menginventarisir tentang permasalahan Lingkungan hidup;
2) Menyusun rencana program dan jadwal pembinaan tentang Lingkungan hidup;
3) Melaksanakan finalisasi rencana program tentang Lingkungan hidup dan mengajukan kepada pimpinan untuk mendapatkan persetujuan;
4) Pelaksanaan dan evaluasi program kegiatan pembinaan Lingkungan hidup;
d. Koordinasi pelestarian lingkungan hidup di wilayah Kecamatan ;
Tahapan :
1) Penyusunan konsep dan inventarisasi masalah pelestarian lingkungan hidup;
2) Pengajuan konsep laporan kepada pimpinan untuk mendapatkan persetujuan;
3) Konsultasi dan koordinasi tentang permasalahan Lingkungan hidup dengan dinas/instansi terkait yang membidangi tentang Lingkungan hidup;
4) Pelaksanaan kegiatan dalam rangka pelestarian Lingkungan hidup di wilayah Kecamatan.
e. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsi.
Tahapan :
1) Membaca dan mempelajarai surat-surat yang telah didisposisi atasan;
2) Mohon petunjuk atasan sesuai disposisi.
3) Melaksanakan koordinasi bersama dinas terkait sesuai dengan tugas yang diberikan;
4) Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dan melaporkan kepada pimpinan.

V. KASI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN
a. Penyusunan program dan penyelenggaraan pembinaan ketenteraman dan keter tiban umum dan Polisi Pamong Praja ;
Tahapan :
1) Mengumpukan dan menyiapkan rencana kerja kecamatan dan aturan tentang Kamtibmas.
2) Menginventarisir permasalahan yang muncul terkait dengan permasalahan Kamtibmas di wilayah.
3) Menyusun konsep rencana program dan jadwal kegiatan pembinaan keamanan dan ketertiban
4) Mengajukan konsep rencana program kegiatan kepada pimpinan.
5) Memfinalisasai rencana program pembinaan pemerintahan
6) Pelaksanaan program kegiatan dan evaluasi.
b. Koordinasi dengan Polri dan/atau TNI, mengenai program kegiatan penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah kecamatan.
Tahapan :
1) Penyusunan rencana program dan jadwal penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum wilayah.
2) Mengkoordinasikan program penyelenggaraan Kamtibmas bersama unsur kepolisian dan/atau TNI setempat (Muspika).
3) Melaksanakan finalisasi rencana program Kamtibmas yang telah mendapatkan persetujuan pimpinan unsur Muspika.
4) Pelaksanaan program pembinaan dan evaluasi penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah kecamatan.

c. Koordinasi dengan pemuka agama setempat untuk mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah kecamatan. Tahapan :
1) Penyusunan rencana program dan jadwal koordinasi bersama pemuka agama guna mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum masyarakat.
2) Mengajukan konsep rencana program dan jadwal koordinasi bersama pemuka agama setempat kepada pimpinan;
3) Melaksanakan finalisasi rencana program koordinasi bersama para tokoh/pemuka agama setempat.
4) Pelaksanaan dan evaluasi program kegiatan koordinasi bersama para pemuka agama guna mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah kecamatan.
d. Pelaporan pelaksanaan pembinaan ketenteraman dan ketertiban kepada bupati.
Tahapan :
1) Penyusunan konsep laporan tentang pembinaan dan kondisi ketenteraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah kecamatan kepada bupati.
2) Pengajuan konsep laporan kepada pimpinan untuk mendapatkan persetujuan dan pengesahan.
3) Pengiriman laporan mengenai pembinaan dan kondisi ketenteraman dan ketertiaban umum masyarakat di wilayah kecamatan kepada bupati.
e. Koordinasi dengan SKPD yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang-undangan.
Tahapan :
1) Menginventarisir permasalahan-permasalahan pelanggaran dan ketertiaban umum/masyarakat yang terjadi di wilayah kecamatan.
2) Mengajukan konsep / rencana kegiatan koordinasi dengan dinas terkait kepada pimpinan mengenai penerapan dan penegakan peraturan per-undang-undangan.
3) Melakukan finalisasi rencana kegiatan koordinasi bersama dinas terkait.
4) Melaksanakan koordinasi bersama dinas terkait dalam rangka penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan di wilayah kecamatan.

VI. KASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (PMD) DAN PEREKONOMIAN
a. Penyusunan program pembinaan pemberdayaan, perekonomian, produksi dan distribusi bagi masyarakat desa.
Tahapan :
1) Mengumpukan dan menyiapkan rencana kerja kecamatan dan aturan tentang Pemberdayaan, perekonomian, produksi dan distribusi bagi masyarakat pedesaan.
2) Menginventarisir permasalahan yang muncul terkait dengan permasalahan pemberdayaan masyarakat, perekonomian, produksi dan distribusi;
3) Menyusun konsep rencana program dan jadwal kegiatan pembinaan pada masyarakat desa.
4) Mengajukan konsep rencana program pembinaan dan kegiatan kepada pimpinan.
5) Memfinalisasai rencana program pembinaan tentang Pemberdayaan, perekonomian, produksi dan distribusi;
6) Pelaksanaan program kegiatan pembinaan dan evaluasi.
b. Koordinasi penyelenggaraan perekonomian diwilayah kecamatan.
Tahapan :
1) Mengumpulkan dan menginventarisir data tentang kondisi potensi perekonomian yang ada diwilayah kecamatan;
2) Penyusunan rencana program dan jadwal penyelenggaraan koordinasi ke bawah/desa maupun ke SKPD Tingkat Kabupaten dalam rangka penyelenggaraan perekonomian wilayah.
3) Melaksanakan finalisasi rencana jadwal kooordinasi dan mengajukan kepada pimpinan untuk mendapatkan persetujuan pimpinan;
4) Pelaksanaan kegiatan koordinasi terkait penyelenggaraan perekonomian diwilayah kecamatan;

c. Peningkatan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di desa dan kecamatan.
Tahapan :
1) Menyusun rencana dan jadwal pelaksanaan Musrenbang di tingkat desa dan kecamatan;
2) Menyusun materi dan menginventarisir issue pokok dan actual serta kekayaan kearifan local sebagai bahan yang perlu diangkat dalam menyusun perencanaan melalui Musrenbang ;
3) Merekapitulasi sebagaimana angka 2 untuk dijadikan bahan dalam pembahasan Musrenbang baik di tingkat desa maupun kecamatan;
4) Pelaksanaan Musrenbang di tingkat desa dan Kecamatan serta mendokumentasikan hasil musyawarah yang akan dijadikan bahan musyawarah perencanaan ditingkat lebih tinggi/Kabupaten;
d. Pembinaan dan pengawasan terhadap unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja kecamatan ;
Tahapan :
1) Pendataan dan inventarisasi unit kerja / lembaga dari pemerintah maupun swasta yang berperan dalam upaya pemberdayaan masyarakat;
2) Penyusunan rencana kerja pembinaan dan evaluasi/pengawasan pada unit kerja yang masuk dalam kategori sebagaimana pada angka 1 (satu);
3) Pengajuan konsep kepada pimpinan untuk mendapatkan persetujuan;
4) Konsultasi dan koordinasi dengan dinas/instansi terkait untuk pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengawasan;
5. Pelaksanaan kegiatan dalam rangka Pembinaan dan pengawasan terhadap unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja kecamatan ;
e. Pelaksanaan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan baik yang dilakukan unit kerja pemerintah maupun swasta.
Tahapan :
1) Menginventarisir dan mendata berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat yang ada di wilayah kecamatan;
2) Menyusun rencana dan jadwal evaluasi kegiatan pemberdayaan masyarakat;
3) Pelaksanaan evaluasi terhadap berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan.

VII. KASI PELAYANAN UMUM (YANUM)
a. Menyiapkan sarana prasarana pelayanan;
Tahapan :
1) Menginventarisir dan mendata jenis pelayanan perijinan dan Non perijinan serta kebutuhan sarana prasarana yang diperlukan;
2) Penataan lokasi dan tempat pelayanan yang diperlukan;
3) Menyediakan sarana administrasi pendukung dalam pelayanan;
4) Pembuatan dan pemasangan informasi pelayanan;
5) Pembuatan dan pemasangan petunjuk dan persyaratan pelayanan;
6) Memfinalisasai dan penyiapan sarana dan minta pengesahan pada pimpinan;
.
b. Perencanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan;
Tahapan :
1) Mengumpulkan dan menginventarisir data tentang kegiatan pelayanan kepada masyarakat;
2) Penyusunan rencana program dan jadwal penyelenggaraan kegiatan pelayanan;
3) Melaksanakan finalisasi rencana kegiatan pelayanan perijinan dan Non Perijinan;

c. Pelaksanaan percepatan pencapaian standar pelayanan minimal diwilayah kecamatan.
Tahapan :
1) Menginventarisir kebutuhan sarana pendukung kelancaran pelayanan ;
2) Membuat bahan pertanyaan kuesioner;
3) Membagi bahan pertanyaan kuesioner kepada masyarakat pemohon perijinan dan pelayanan;
4) Mengevaluasi hasil kuesioner untuk mengetahui tingkat capaian standar minimal pelayanan;
d. Pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat;
Tahapan :
1) Sosialisasi tentang peraturan dan prosedur-prosedur pelayanan dan perijinan;
2) Memberikan briefing dan pelatihan-pelatihan kepada petugas pelayanan;
3) Mengevaluasi pelaksanaan pelayanan kepada para petugas;
e. Evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dan melaporkan kepada Bupati.
Tahapan :
1) Merencanakan penyusunan indek kepuasan melalui kuesioner ;
2) Membuat bahan pertanyaan kuesioner;
3) Membagi bahan pertanyaan kuesioner kepada masyarakat pemohon perijinan dan pelayanan;
4) Mengevaluasi hasil kuesioner untuk mengetahui tingkat capaian standar minimal pelayanan dan melaporkan bupati.
f. Penyelenggaraan pelayanan umum dan pengelolaan administrasi pelayanan.
Tahapan :
1). Menyediakan formulir-formulir dan blangko kebutuhan pelayanan;
2). Membuat alur / mekanisme dan persyaratan pelayanan;
3). Menentukan jadwal waktu lamanya proses pelayanan;
4). Mengagenda, Mengelola dan mengarsip berkas permohonan pelayanan.

========= &&&&&&&&& ==========